Home » , » Firewall dan Fungsinya

Firewall dan Fungsinya

Written By Unknown on Thursday, February 13, 2014 | 6:45 AM



Selamat Siang sobat semua, kali ini dari ajarlinux akan memposting artikel yang membahas tentang firewall(tembok api) sebenarnya sudah banyak artikel yang membahas tentang ini. Namun daripada gak posting, ane tulis aja dengan bahasa ane sendiri.  Apa itu firewall?Apa fungsi dari firewall?Apa pentingnya firewall bagi jaringan dan keamanan jaringan?

Firewall merupakan sistem yang digunakan melakukan filtering pada sebuah jaringan. Jaringan yang dianggap aman oleh firewall akan diberikan izin untuk masuk sedangkan jaringan yang dianggap tidak aman akan diputus. Terdapat 2 jenis firewall yang ane tau mungkin bisa nambah lagi diantaranya :
  1. Personal Firewall merupakan firewall yang berfungsi untuk mengamankan paket - paket data yang berlalu lalang pada jaringan personal kita dan biasanya digunakan untuk melindungi kita dari virus, spyware, spam, dan masih banyak lagi. 
  2. Network Firewall firewall yang digunakan untuk melindungi keseluruhan dari berbagai seringan, dan biasanya firewall jenis ini digunakan pada server baik itu server yang menggunakan Operating Sistem Windows maupun Operating Sistem Linux.
Oke untuk fungsi dari firewall sendiri adalah 
  1. Mengatur serta mengontrol lalu lintas jaringan, 
  2. Melakukan autentifikasi pada akses jaringan, 
  3. Melindungi sumber daya jaringan.
Untuk cara kerjanya firewall yang berada pada jaringan privat menganalisis dan menyeleksi paket - paket yang diijinkan oleh user ataupun melakukan pemotongan akses jika paket - paket itu dianggap ilegal atau dianggap berbahaya. Namun firewall tidak bisa menjamin amannya jaringan privat, sehingga pasti ada pembaruaan atau update pada firewall demi keamanan. 

Oke mungkin itu cukup pengenalan tentang firewall. Untuk lebih jelasnya anda bisa mempelajarinya di wikipedia indonesia klik disini. 

Sumber : wikipedia indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : nynyo | englishgokill | sshfreeupdate
Copyright © 2013. Sinau Linux - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger